Gunung Gamalama Mengamuk

Posted by erina on Wednesday, December 21, 2011. Filed under:

Gunung Gamalama Mengamuk

               Beberapa waktu yang lalu saudara kita yang berada di Ternate, Maluku Utara digegerkan dengan meletusnya Gunung Gamalama. Karena meletus dan menyemburkan abu vulkanik, seluruh kota Ternate ditutup oleh abu vulkanik.

              "Listrik di wilayah kaki Gunung Gamalama padam. Listrik padam bersamaan dengan letusan gunung, tadinya dikira suara petir, ternyata suara gunung meletus," kata salah seorang warga.
Malam ini Gunung Gamalama kembali meletus. Meski demikian warga diminta tetap tenang.
               "Ya memang tadi meletus, tetapi statusnya tetap siaga belum naik lagi ke awas. Warga kita minta untuk tetap tenang," ujar Kepala Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Surono, Senin 5 Desember 2011.

                Menurut Surono letusan yang terjadi malam ini membuat Gunung Gamalama sempat mengeluarkan abu vulkanik. "Iya ada abu yang keluar tapi warga jangan panik dulu," imbuhnya.
                  Gunung Gamalama telah dinaikkan statusnya dari waspada ke siaga. Gunung Gamalama merupakan salah satu gunung api yang ada di Provinsi Maluku Utara. Selain gunung ini, masih ada Gunung Gamkonora di Kabupaten Halmahera Barat, Gunung Ibu dan Gunung Dakona yang berada di Kabupaten Halmahera Utara, dan Gunung Kiebesi di Halmahera Selatan. Gunung Gamalama memiliki ketinggian sekitar 1.715 meter di atas permukaan laut.
                 Untuk menanggulangi segala permasalahan yang bisa timbul karena bencana ini, seharusnya pemerintah bertindak cepat dalam evakuasi korban. selain itu korban yang dievakuasipun diberi vasilitas yang layak. Berkaca dari bencana-bencana sebelumnya dimana kurangnya kelayakan di posko pengungsian sehingga menimbulkan masalah baru yang menyangkut kesehatan para pengungsi.

2 Responses to Gunung Gamalama Mengamuk

  1. cinta

    iya bener.. smg pemerintah lebih memperhatikan mereka ya..

  2. erina

    aminn...

Leave a Reply