Ayo Olahraga Mata

Posted by erina on Thursday, December 22, 2011. Filed under:

Ayo Olahraga Mata

            Setelah secara tidak sengaja membaca artikel mengenai kesehatan mata saat berada di LPSI tepatnya setelah saya selesai praktikum Alpro saya mencoba menuliskan kembali disini, kerna menurut saya ini mungkin berguna bagi beberapa orang yang mau membacanya dan sedang mengalami beberapa masalah dengan mata.

Tidak hanya lengan, kaki, tangan, perut saja yang dilatih, ternyata mata juga dapat dilatih untuk kebaikan indra penglihatan. Banyak spesialis terapi penglihatan yang percaya jika senam mata dilakukan setiap hari dapat membuat mata menjadi awet muda meskipun belum semua pakar sepakat. Olahraga mata ini mempunyai konsep yang sederhana yaitu jika kita merusak sistem penglihatan dengan mengerjakan sesuatu dalam jarak dekat maka bisa dipulihkan dengan kebalikannya.
Steven Ritter, O.D., dari State University of New York College of Optometri di New York City, Spesialis terapi penglihatan atau vision therapist dapat meresepkan sampai sekitar 280 macam latihan. Tak satu pun dapat mengatasi masalah penglihatan semua orang, karena hanya bisa mengurangi masalah namun tak bisa menyembuhkannya secara total.
Berikut ini merupakan beberapa cara yang menurut saya bisa dicoba:
1.      Membaca koran dari jauh
Apabila pekerjaan mengharuskan
kita duduk di depan komputer selama berjam-jam, cobalah yang berikut ini: Tempelkan satu halaman koran pada dinding yang kurang lebih berjarak 2,5 meter dari tempat kita biasa duduk. Hentikan pekerjaan setiap sekitar sepuluh menit untuk mengarahkan pandangan ke koran tadi. Berusahalah membaca tulisan di koran itu. Kemudian lihat lagi layar komputer. Kerjakan ini berulang-ulang, masing-masing selama 30 detik, sekitar enam kali dalam satu jam. Latihan ini dapat membantu menghindari kekaburan yang sering dialami oleh para operator komputer di penghujung hari kerja.
2.      Melempar bola ke dinding
Berdirilah pada jarak sekitar satu hingga satu setengah meter dari sebuah dinding yang kosong, menghadap ke arah dinding. Minta seorang teman berdiri di belakang
kita kemudian melontarkan sebuah bola tenis ke dinding. Ketika bola itu memantul dari dinding, cobalah menangkapnya. Latihan ini dapat membantu meningkatkan koordinasi tangan dan mata.
3.      Membaca jempol sendiri
Acungkan jempol sejauh-jauhnya. Buat gerakan melingkar, huruf X dan tanpa +, dekat dan jauh secara bergantian. Ikuti dengan mata. Sementara itu, usahakan menangkap bayangan ruangan dalam medan pandangan
kita sebanyak mungkin. Teruskan latihan ini dengan sebelah mata tertutup. Ulang dengan sebelah mata yang lain.
4.      Mengikuti sorotan lampu senter
Latihan yang menyenangkan ini dapat meningkatkan kemampuan
kita  mengikuti sebuah benda dengan mata. Latihan ini memerlukan seorang teman dan dua buah lampu senter. Berdirilah di sebuah ruangan yang gelap, menghadap ke dinding. Mintalah kepada teman agar menyorotkan lampunya ke dinding dan menggerakkannya dengan gerakan menyapu membentuk sebuah gelombang. Dengan lampu senter yang kita pegang, ikuti lingkaran cahaya itu sambil berusaha menyeimbangkan sebuah buku yang diletakkan di atas kepala. Dengan begini kita terpaksa mengikuti gerak cahaya dengan mata, tanpa menggerakkan kepala.
5.      Membaca bola
Tulis sejumlah huruf atau angka pada sebuah bola softball atau bola dari styrofoam, pasang sebuah kaitan, kemudian gantung bola itu pad
a langit-langit dengan seutas tali. Makin kecil tulisan, makin sulit latihan ini. Ayunkan bola itu. Cobalah menyebutkan huruf atau angka yang terlihat. Latihan ini membantu kita tetap terampil mengikuti benda bergerak secara fokus.
Wauw.. cara untuk merawat keremajaan mata kita itu unik dan menarik ya, menurut saya tips-tips tadi tak ada salahnya kita coba, disamping simpel dan tidak membutuhkan biaya yang banyak kita juga bisa melakukannya setiap saat. 


2 Responses to Ayo Olahraga Mata

  1. cinta

    waa baguss.. dipraktekin yuk

  2. erina

    iya monggo-monggo yg mau praktek.. smg bermanfaat..

Leave a Reply