Hari - Hariku Bersama SFB 2 part 1

Posted by erina on Sunday, June 17, 2012. Filed under:


Heii semua..
      Disini saya ingin berbagi sedikit ilmu yang saya dapatkan dari perkuliahaan Sistem Fungsional Bisnis 2 bersama Ibu Raras. Yang saya tuliskan disini merupakan sedikit dari materi yang begitu banyak yang sudah disampaikan pada proses perkuliahan SFB 2.
      Materi pertama yang saya dapatkan adalah mengenai Nilai waktu uang. Dalam materi ini saya diajarkan mengenai konsep bunga, menghitung besar kecilnya jumlah bunga yang merupakan beban terhadap peminjam atau debitor yang sangat tergantung pada waktu, jumlah peminjam dan tingkat buga yang berlaku. Menghitung bunga dengan menggunakan 3 sistem perhitungan bunga yaitu dengan Simple Interest (Bunga Biasa), Compound Interest (Bunga Majemuk) dan dengan Annuity (anuitas) yaitu suatu rangkaian opembayaran dengan jumlah yang sama besar pada setiap interval pembayaran. Anuity sendiri dibagi menjadi dua yaitu anuitas biasa (simple annuity) dan anuitas kompleks (complex annuity). Disini saya juga diajarkan caranya menghitung Present value dan future value.
      Materi selanjutnya adalah Anggaran fungsional bisnis organisasi. Disini saya diajarkan mengenai macam-macam anggaran dan penyusunannya. Anggaran meerupakan suatu rencana periodik yang disusun berdasarkan program yang telah disahkan. Anggaran juga merupakan rencana tertulis mengenai kegiatan suatu organisasi yang dinyatakan secara kuantitatif yang umumnya menggunakansatuan uang selain itu anggaran merupakan alat manajemen untuk mencapai tujuan. Macam-macam anggaran antara lain sebagai berikut:
Menurut Dasar Penyusunanya :
1.       Anggaran variabel    : ada kisaran antara A & B
2.       Anggaran tetap         : berdasarkan tingkat kapasitas tertentu
Menurut Cara Penyusunan:
1.       Anggaran periodik   : untuk satu periode tertentu
2.       Anggaran kontinu    : anggaran yang dibuat untuk perbaikan anggaran sebelumnya
Menurut Jangka Waktu:
1.       Anggaran jangka pendek      : misalnya anggaran operasional
2.       Anggaran jangka panjang     : misalnya anggaran investasi modal
Menurut Bidangnya:
1.       Anggaran Operasional merupakan anggaran yang digunakan untuk menyusun laporan Rugi-Laba
a.    Anggaran Jualan
b.   Anggaran biaya pabrik (BBB, BTKL, BOP)
c.    Anggaran beban usaha
d.   Anggaran laporan rugi laba
2.       Anggaran Keungan merupakan anggaran untuk menyusun anggaran Neraca
a.    Anggaran Kas
b.   Anggarn Piutang
c.    Anggaran Persediaan
d.   Anggaran Neraca
           Menurut Kemampuan Menyusun:
1.       Anggaran Komprehensip merupakan anggaran yang disusun secara lengkap atau perpaduan anggaran operasional & keuangan.
2.       Anggaran Parsial merupakan kebalikan dari anggaran komprehensip
Menurut Fungsinya:
1.       Anggaran apropriasi merupakan anggaran yang dibuat untuk tujuan tertentu dan tidak boleh untuk hal lain. Misalnya : anggaran hasil penjualan barang Y untuk melunasi utang dagang kepada perusahaan X.
2.       Anggaran kinerja merupakan anggaran yang disusun berdasarkan fungsi kegiatan yang dilakukan daam organisasi.
      Materi selanjutnya adalah mengenai Aktivitas finansial organisasi & paket program akuntansi. Materi ini mengulas mengenai akuntansi, akuntansi adalah proses identifikasi, pengukuran dan pelaporan informasi ekonomi sehingga berguna untuk pengambilan keputusan. Pada materi ini dilaksanakan praktikum dengan menggunakan software Accurate. Dengan menggunakan Accurate kita bisa melakukan pencatatan aktifitas keuangan perusahaan. Setelah memasukan akun-akun pemasukan dan pengeluaran, dengan Accurate kita bisa membuat macam-macam Jurnal seperti jurnal kas masuk, jurnal kas keluar, jurnal penjualan , jurnal pembelian dan jurnal memorial. Kemudian kita juga dapat membuat Financial Statement seperti Neraca dan Laporan Rugi-Laba.
     Materi yag terakhir adalah mengenai Analisis Laporan Keuangan dengan perspektif kreditur. Alat untuk analisa laporan keuangan ada 5 antara lain : Ratio Analysis, Comparative (trend) Analysis, Common-Size Analysis, Cashflows Analysis, Company Valuation. Akan tetapi yang diajarkan adalah dengan menggunakan ratio analysis. Ratio Analysis terdiri dari Liquidty Ratios, Activity Ratios, Solvability Ratios, Profitability Ratios. Rasio Likuidita atau solvensi jangka pendek terdiri dari Current ratio, Quick ratio, Cash ratio. Rasio aktivitas terdiri perputaran piutang usaha, rata-rata periode penagihan piutang, perputaran persediaan, perputaran aktiva tetap dan perputaran aktiva. Sedangkan rasio solvabilitas (jangka panjang) terdiri dari Dept-equity ratio, Dept-to-total asset dan Times interest earned (TIE). Sedangkan untuk rasio profitabilitas kita menghitung GPM, OPM, NPM, ROA dan ROE.
           yaa,, itu tadi sedikit review materi dari saya, memang keliatanya runyam dan susah banget, tapi kalau kita mau belajar, maka semua itu tidak sesusah yang kita pikirkan kok :)

No Responses to Hari - Hariku Bersama SFB 2 part 1

Leave a Reply